Senin, 17 November 2014

Antropologi sebuah disiplin ilmu



Antropologi sebuah disiplin ilmu
Oleh`: Misbah Munir
2014

Antropologi adalah studi tentang umat manusia, dimana dalam pembahasannya ilmu Antropologi berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan prilakunya, dan untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. Ilmu Antropologi, Dalam pembahasannya terbagi-bagi dan dalam cabang ilmunya yaitu (1) Antropologi Fisik, (2) Antropologi Budaya, (3) ilmu Arkeologi, (4) ilmu Liguistik, (5) ilmu Etnologi.
1.       Antropologi Fisik adalah bagian antropologi yang memusatkan perhatinya kepada manusia sebagai organisme biologis, dan salah satu yang menjadi perhatiannya ialah evolusi manusia
2.       Antropologi Budaya memerlukan bagian lain dalam pembahasanya. Seperti Antropologi budaya dalam Arkeologi adalah ilmu yang mencoba menerangkan prilaku manusia dengan mempelajari objek material, biasanya yang berasal dari kebudayaan masa lampau; Antropologi budaya dalam liguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa sebagai wahana untuk melestarikan dan meneruskan kebudayaan kepada generasi berikutnya; Antropologi budaya dalam etnologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan sepanjang yang dapat dihayati dan di diskusikan dengan orang-orang yang kebudayaannya hendak dipahami
3.       Arkeologi adalah cabang antropologi kebudayaan yang mempelajari benda-benda dengan maksud untuk menggambarkan dan menerangkan prilaku manusia.
4.       Liguistik adalah cabang antropologi budaya yang mengadakan studi tentang bahasa-bahasa manusia.
5.       Etnologi adalahcabang antropologi budaya adalah ilmu yang memusatkan perhatiannya kepada kebudayaan-kebudayaan jaman sekarang dan mengkhususkan diri kepada prilaku manusia sebagai mana yang dapat dilaksanakan, dialami, dan di diskusikan dengan orang-orang yang kebudayaannya hendak di pahami.
Dalam pelaksanaannya, antropologi mengkaji hal-hal apa saja dan sesuai dengan bidangnya sendiri. maksudnya adalah seorang antropolog budaya yaitu, seseorang yang meletakan perhatiannya kepada kebudayaan manusia atau cara hidupnya di dalam masyarakat. Pun demikian seorang antropologi lainya melakukan hal yang sama.
Adapun seorang antropologi dalam mengerjakannya atau studi nya seperti dalam buku Antropology 4 diterjemahkan oleh R.G. Soekadijo yang menuliskan, para ahli antropologi, bersama-sama dengan ilmuan lain, berusaha merumuskan dan menguji hipotesis, atau mencoba menjelaskan penomena yang di amati.
Kendati demikian, sebenarnya Antropologi bukan satu satunya disiplin yang mempelajari  manusia. Namun Antropologi mempunyai tujuan bersama dengan ilmu sosial lainnya dan ilmu-ilmu alam. Penggabungan dengan disiplin ilmu lainnya adalah untuk sama-sama memahami sifat-sifat kemanusiaan, dan diantara yang berkesinambungan yaitu ilmu ekonomi, ilmu psikologi, ilmu sosiologi dan ilmu biologi.
Sumber bacaan : Soekadijo, R.G. 1999. Antropologi; Edisi ke Empat Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar