Sabtu, 01 November 2014

Tanggung Jawab Ilmuan Terhadap Alam Dan Lingkungannya


Tanggung Jawab Ilmuan Terhadap Alam Dan Lingkungannya

          Ada dua fingsi manusia di dunia, yaitu sebagai Abdun (hamba allah)  dan sebagai khalifah allah SWT di bumi. tugas pertama seseorang adalah meng aktualisasikan ketaatan, ketundukan dan kepatuhan kepada kebenaran dan keadilan allah SWT.
          Adapun tugas utamanya sebagai khalifah dimuka bumi adalah memakmurkan dunia sekaligus menjaga keseimbangan alam dan lingkungannya tempat mereka tinggal.

          manusia diberi kebebasan untuk meng-Eksploitasi, menggali sumber-sumber daya alam serta memanfaatkannya untuk kehidupan manusia dengan tidak menimbulkan pengaruh negative terhadap lingkungan. karna alam diciptakan untuk kehidupan manusia sendiri.

          untuk menggali potensi alam dan memanfaatkannya diperlukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai. tanpa menguasai IPTEK, 5 fungsi manusia sebagai khalifah tidak akan terwujud dan kehidupan manusia akan tetap terbelakang.

          Allah menciptakan alam karna allah SWT menciptakan manusia. seandainya Allah SWT tidak menciptakan manusia, maka allah tidak perlu menciptakan alam. maka manusialah yang diberi tugas menjaga dan memelihara untuk kepentingan semua manusia  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar