Senin, 17 November 2014

Primat Bukan Bagian Leluhur Manusia




Primat Bukan Bagian Leluhur Manusia
Oleh`: Misbah Munir
2014

        Ketahuilah, bahwa manusia dalam ilmu Antropologi adalah bagian dari keturunan Primat. Demikian karna kesamaan-kesamaan yang dimiliki seperti pada umumnya sifat-sifat yang dimiliki manusia. Lebih dari itu perwujudan Primat dalam perkembangan-nya sampai sekarang ini hampir menyerupai juga manusia. Contohnya adalah Primat yang menyerupai manusia diantaranya yaitu:  Pongidae (Kera besar seperti simpanse, Gorila, dan Orang Utan Jaman sekarang dan Hominidea (bentuk umat manusia yang modern yang sudah punah),
Bangsa primat Primat adalah makhluk sosial. Mereka hidup dan mengembara sebagai kelompok yang besarnya berbeda-beda menurut jenisnya. Bangsa primat hanyalah salah satu diantara beberapa bangsa binatang menyusui (Mama lia). Pada umumnya binatang yang menyusui adalah binatang yang cerdik (inteligen), mempunyai lebih banyak sifat yang berhubugan denggan otak ketimbang reptil atau jenis binatang bertulang belakang lainnya.
Bangsa primat terbagi menjadi dua subbangsa, yaitu :
1.              Prosimia ialah memiliki ciri binatang  menyusui tertentu, seperti kuku, kulit yang basah dan tak berbulu dihidung. Besar prosimia adalah kira-kira sebesar kucing atau lebih kecil lagi.
2.              Antropoidea memiliki ciri yang berbeda dengan Prisimia. Subbangsa ini terbagi lagi atas tiga super suku (superfamilia) yaitu (1) Ceboidea atau monyet benua baru, (2) Cercopithecoidea atau monyet benua lama dan (3) Hominoidea yang meliputu suku (a) Hominidea (bentuk umat manusia yang modern yang sudah punah), (b) Hylobatidae (Kera kecil, seperti gibbon) dan (c) Pongidae (Kera besar seperti simpanse, Gorila, dan Orang Utan Jaman sekarang.
Pernyataan demikian membuat penulis geram dengannya. Ditambah dengan pernyataan seperti yang dituliskan R.G. Soekadijo, menurutnya: Pada umumnya binatang yang menyusui adalah binatang yang cerdik (inteligen). Artinya ini semua menuntut kita sebagai makhluk yang berperasaan barang tentu dapat menyangkal pernyataan demikian (manusia bukanlah bangsa Primat).
Manusia hari ini haruslah terus agar dapat meningkatkan kemampuannya juga dapat mengikuti perkembangan jaman nya untuk  menjauhkan klem Seperti yang dituliskan R.G. Soekadijo, (1999;79) Dalam buku terjemahannya, yaitu: ada persamaan fisik yang mencolok antara Makhuk manusia dengan Antropoidea lain. Akan tetapi dari semuanya itu yang paling mencengangkan ialah perilaku sosial mereka. Karna otak mereka yang sangat berkembang, prilaku kera dan monyet jauh lebih kompleks dari pada kebanyakan binatang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar