Rabu, 19 November 2014

Jawaban dari "Manajemen Organisasi Pecinta Alam" menurut Gina Amelia



Manejemen organisasi dalam persfektif
GERAKAN MAHASISWA PECINTA ALAM
Oleh :   Gina Amelia
Prolog : Misbah Munir

Artinya  : jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, Maka Sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada'[231]. dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim, ali-imron : 140

Saya rasa ayat ini menjadi motipasi kita untuk mencoba menulis, dimana aktifitas menulis adalah salah satu bagian dari penyambung generasi ini ke generasi selanjutnya. Tulisan adalah bukti bahasa, ungkapan kita yang di tuangkan pada sebuah teks, dimana teks tersebutlah pada nantinya yang akan dilihat, dibaca, di ketahui, maupun bagian dari pengenalan diri kita saat kita telah gugur (Mati).
Demikian karna, seperti yang ditulis Ahmad Syauqi (2014:14) menurutnya, kehidupan modern yang kita pijak sekarang adalah buah dari aktivitas tulis menulis. Maksudnya adalah orang pendahulu, cendikiawan, ataupun isi al-qur’an yang di wahyukan kepada nabi Muhammad, telah dikumpulkan dan di bukukan.
Artinya, Allah berkehendak pula melalui aktivitas tulis-menulis untuk menjaga kemurnian al-qur’an. Ahmad Syauqi (2014:14) menurutnya, kodifikasi al-qur’an pun dilakukan merujuk ke para pencatat wahyu, seperti Zaid bin Tsabit.
Dibawah ini merupakan jawaban peserta Pendidikan dan Latihan (GEMAPALA BBC) adalah Unit kegiatan Mahasiswa di bidang kelestarian alam. Menurut persefsinya dari apa yang telah terekan dan ditulis di tuliskan pada soal.


  1. Pengelolaan organisasi ?
             Jawab : Dasar – dasar pengelolaan organisasi memiliki prinsip , yaitu :
Ø  Tujuan yang jelas
Ø  Kesatuan komando
Ø  Pembagian kerja
Ø  Pelimpahan wewenang & tanggung jawab

S         2. sejarah pecinta alam ?
     Jawab : Soe Hok Gie (lahir di Djakarta, 17 Desember 1942 – meninggal di Gunung Semeru, 16  Desember 1969 pada umur 26 tahun) adalah seorang aktivis Indonesia Tionghoa yang menentang kediktatoran berturut-turut dari Presiden Soekarno dan Soeharto. Ia adalah mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Sejarah tahun 19621969. Pada tahun 1965, Soe membantu mendirikan Mapala UI, organisasi lingkungan di kalangan mahasiswa .
  
         3.    Teknik diskusi dan Rapat ?
Jawab : 
1. Persiapan rapat
               Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum masuk dalam suatu rapat.
  • Penetuan tujuan rapat, dalam hal ini untuk merumuskan sasaran/target  yang ingin dicapai
  • Penetuan waktu, tempat dan perlengkapan yang harus ada.
  • Menyususn agenda rapat
  • Mengedarkan surat untuk anggota/ peserta
          2.      Pelaksanaan rapat
  • Perangkat utama rapat
  • Pimpinan rapat
  • Ketua rapat
  • Sekertaris
  • Notulen rapat
        4,  Sebutkan 5 W & 1 H ?
       Jawab : what , who ,why , where , when & how
        5.   Nama organisasi sesuai tempat ?
       Jawab : di Masyarakat ( 0RPALA ) , Mahasiswa / PT ( MAPALA/GEMAPALA ) ,
      Siswa ( SISPALA )
7      6  Fungsi Management ?
      Jawab : Ada 4 fungsi utama dalam manajemen:
     1. Perencanaan (Planning),
     2. Pengorganisasian (Organizing),
     3. Pengarahan (Actuating/Directing),
     4. Pengawasan (Controlling)
8     7.   Apa itu organisasi Lapangan ?
      Jawab : Organisasi yang dilakukan dilapangan .
9     8.  Ayat yang berkaitan dengan kecinta alaman ?
     QS:Ali Imran | Ayat: 191

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

     Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Surat al- hijr ayat 85

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا إِلَّا بِالْحَقِّ ۗ وَإِنَّ السَّاعَةَ لَآتِيَةٌ ۖ فَاصْفَحِ الصَّفْحَ الْجَمِيلَ

Artinya: “Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik.”

Bahan bacaan            : Republika, Ahad 16 November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar