Rabu, 19 November 2014

Jawaban dari "Manajemen Organisasi Pecinta Alam " menurut Ikri Haeri



Manejemen organisasi dalam persfektif
GERAKAN MAHASISWA PECINTA ALAM
Oleh :   Ikri Haeri
Prolog : Misbah Munir


Artinya  : jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, Maka Sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada'[231]. dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim,

Saya rasa ayat ini menjadi motipasi kita untuk mencoba menulis, dimana aktifitas menulis adalah salah satu bagian dari penyambung generasi ini ke generasi selanjutnya. Tulisan adalah bukti bahasa, ungkapan kita yang di tuangkan pada sebuah teks, dimana teks tersebutlah pada nantinya yang akan dilihat, dibaca, di ketahui, maupun bagian dari pengenalan diri kita saat kita telah gugur (Mati).
Demikian karna, seperti yang ditulis Ahmad Syauqi (2014:14) menurutnya, kehidupan modern yang kita pijak sekarang adalah buah dari aktivitas tulis menulis. Maksudnya adalah orang pendahulu, cendikiawan, ataupun isi al-qur’an yang di wahyukan kepada nabi Muhammad, telah dikumpulkan dan di bukukan.
Artinya, Allah berkehendak pula melalui aktivitas tulis-menulis untuk menjaga kemurnian al-qur’an. Ahmad Syauqi (2014:14) menurutnya, kodifikasi al-qur’an pun dilakukan merujuk ke para pencatat wahyu, seperti Zaid bin Tsabit.
Dibawah ini merupakan jawaban peserta Pendidikan dan Latihan (GEMAPALA BBC) adalah Unit kegiatan Mahasiswa di bidang kelestarian alam. Menurut persefsinya dari apa yang telah terekan dan ditulis di tuliskan pada soal.

.) SOAL
1. Pengelola organisasi adalah ?
2. Gambarkan struktur lapangan ?
3. sejarah pencinta alam ?
4. teknis diskusi dan rapat ?
5. sebutkan 5 W 1 H ?
6. Nama organisasi pencinta alam sesuai tempat ?
7. Fungsi management adalah ?
8. Apa itu organisasi lapangan ?
9. tuliskan ayat-ayat tentang pencinta alam ?

.) JAWABAN
1.       Pengelolaan
     Pengelolaan akar katanya adalah “kelola” ditambah awalan “pe” dan akhiran “an”. Istilah lain dari pengelolaan adalah manajemen. “Manajemen adalah kata yang aslinya dari bahasa Inggris, yaitu management yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan”.
     “Pengelolaan adalah proses yang memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan dan pecapian tujuan”
2.       Organisasi
a.       Pengertian Organisasi
      Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Berikut adalah pengertian menurut ahli `:
      Robbins (2006:4) “Organisasi adalah unit sosial yang dengan sengaja dikelola, terdiri atas dua orang atau lebih, yang berfungsi secara relatif terus menerus untuk mencapai satu sasaran atau serangkaian sasaran bersama.”
      Siagian  (2002:46) mendefinisikan “Organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
STRUKTUR  LAPANGAN


DAN LAPANGAN









DAN
LOGISTIK

DAN       OPERASIONAL

DAN
SISWA











PEMUKIMAN

DAPUR

PISIKOLOGI

KESEHATAN







TATA TERTIB

3.       Konsep Pecinta Alam dicetuskan oleh Soe Hok Gie pada tahun 1964. Gie sendiri meninggal pada tahun 1969 karena menghirup gas beracun Gunung Semeru. Gerakan "Pecinta Alam" awalnya adalah pergerakan perlawanan yang murni kultur kebebasan sipil atas invasi militer dengan doktrin militerisme - patriotik. Soe Hoe Gie Mahasiswa aktif di UI yang sukses di pecinta alam.
4.       Yaitu
prinsip dasar menyampaikan pendapat :
a.       singkat
b.       jelas
c.       argumentatif
d.       tidak bertele-tele
Teknis menyampaikan pendapat :
a.       pendahuluan
b.       pembuktian
c.       kesimpulan
Pemimpin diskusi harus tau pokok masalah :
a.       pemimpin diskusi harus tau pokok masalah
b.       pemimpin diskusi arus bijaksana
c.       pemimpin diskusi harus membimbing dengan memberi petunjuk-petunjuk
Tugas pokok :
a.       mempersiapkan
b.       membuka
c.       membimbing atau mengkoordinasi
d.       menutup
e.       mengagendakan
etika diskusi
a.       harus menerima pendapat dari orang lain
b.       harus menghargai pendapat orang lain
prosedur rapat
a.       waktu dan tempat rapat
b.       agenda rapat di tuangkan dalam surat 

5.       What(apa)
a.       Why (kenapa)
b.       Who (siapa)
c.       Where (Dimana)
d.       When (Kapan)
e.       How (Bagaimana)
6.       Yaitu :
a.       Masyarakat : ORPALA
b.       Mahasiswa  : MAPALA
c.       Siswa           : SISPALA
7.       Fungsi-Fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing, dan Controlling.
a.       Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa.
b.       Pengorganisasian (Organizing)
menjelaskan pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.
c.       Pengawasan (Controlling)
Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah diterapakan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan­penyimpangan, serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan digunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan.
  
      8.   Organisasi lapangan disebut juga dengan Organisasi panitia, disebut dengan organisasi lapangan karna digunakan didalam lapangan.
9     9.    Yaitu :

Artinya :            Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Janganlah kamu membuat bencana dan kerosakan di muka bumi", mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang hanya membuat kebaikan".

تِلْكَ الدَّارُ الْآخِرَةُ نَجْعَلُهَا لِلَّذِينَ لَا يُرِيدُونَ عُلُوًّا فِي الْأَرْضِ وَلَا فَسَادًا ۚ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ

Artinya :            Negeri akhirat itu, Kami jadikan untuk orang-orang yang tidak ingin menyombongkan diri dan berbuat kerusakan di (muka) bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.
(QS: Al-Qashash Ayat: 83)        

Bahan Bacaan Prolog : Republika, Ahad 16 November 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar