Senin, 17 November 2014

Gunung Parang dan Cerita Mistis





Gunung Parang dan Cerita Mistis
Oleh : Misbah Munir
Tahun 2014

Salah satu tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Puurwakarta, yang memiliki daya tarik wisatawan sampai ke Mancanegara adalah Gunung Parang. Tepatnya  di Kampung Cihuni, Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwarui, Purwakarta, Jawa Barat.
Awalnya, lokasi ini merupakan sebuah perkampungan biasa. Namun Salah satu anggota Badega (Pengabdi) Gunung Parang, Kartolo (35) mengatakan, sejak 1981 gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Tujuannya hanya satu, yakni menaklukan tebing batu di Gunung Parang. Melihat demikian, dengan semakin banyaknya orang yang telah mengetahui Gunung Parang dan berkunjung bahkan berkemah, tempat ini menjadi potensi. dan dengan hal tersebut maka Saat ini gunung parang telah di resmikan Bupati Purwakarta Bpk H. Dedi Mulyadi, S.H sebagai salah satu tempat wisata di purwakarta pada bulan Desember 2013.
Gunung parang merupakan sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak menjulang ke langit. Jika dilihat dari jauh, Gunung ini sepintas mirip sebuah monumen batu raksasa. Ketinggian gunung batu berwarna hitam ini, sekitar 1.000 meter dari permukaan tanah.
Kendati demikian, Gunung Parang memiliki banyak cerita sejarahnya, diantara cerita-cerita tersebut yaitu: (1) gunung parang memiliki dua sumur yang airnya dikabarkan memiliki khasiat tertentu, (2) gunung parang, memiliki Gua di kaki gunung yang sangat misterius. Berdasarkan cerita, Menurut Yunus (40) warga setempat sekaligus Ketua Karang Taruna Desa Sukamulya, gua tersebut sangat dalam bahkan dirinya pernah menelusurinya, ternyata gua tersebut bercabang. Pengakuan lebih lanjut “Saya pernah menelusurinya hingga kedalaman 50 meter, Di dalam itu banyak jalur gua bercabang, dan di dalam juga ada genangan air. Karena khawatir saya memutuskan untuk kembali, apalagi semakin dalam gua semakin gelap dan seram,"
Cerita Mistis pada kaki gunung yang terdapat Gua setinggi 2 meter dan kedalaman yang belum teruji dan ceita 2 sumur yang airnya memiliki khasiat ini merupakan sebagian dari cerita-cerita gunung parang yang belum terungkap oleh penulis. Akan tetapi cukup di rasakan, dua cerita yang mewakili adalah bagian penting bagi wisatawan yang perlu di ketahui agar sedemikian rupa menjaga dari hal-hal yang tidak diharapkan.
Pemandangan dan Batu yang menjulang tinggi yang dijadikan surganya Rock Climbing ini tidak mengurangi wisatawaan untuk mengunjungi nya.

Bahan Bacaan :

1 komentar: